Kamis, 23 Juni 2011

Memperoleh Kebahagiaan Hati

Setiap manusia pasti menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Namun seringkali kita berusaha mencari-cari kebahagiaan itu dan tidak menemukannya. Semakin kita mencari, kabahagiaan itu semakin menjauh. Dan hanya kekecewaanlah yang kita dapatkan. Itulah gambaran kehidupan saya beberapa waktu yang lalu. Kebahagiaan seolah tidak mau hinggap di dalam kehidupan saya. Namun sekarang saya telah menemukan kehidupan saya yang baru, dan saya ingin sharing bagaimana saya menemukan kebahagiaan itu.

Kebahagiaan hidup bukan diukur dari seberapa banyak harta yang kita miliki, seberapa besar rumah yang kita diami, atau seberapa tinggi jabatan/posisi yang kita miliki sekarang. Namun kebahagiaan merupakan suatu suasana hati yang damai sejahtera, tanpa terpengaruh oleh keadaan kita sekarang. Lalu bagaimana cara memiliki hati yang damai saat kita sedang mengalami banyak masalah? Berikut ini adalah 2 hal yang saya lakukan untuk memperoleh kebahagiaan hati sekalipun saya mengalami masa-masa sulit dalam hidup saya :

• Hidup Dalam Kebenaran

Yaitu hidup benar dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. Ini adalah suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan, karena kita adalah manusia yang tidak sempurna dan cenderung untuk berbuat dosa. Satu-satunya cara agar kita bisa hidup dalam kebenaran adalah dengan mendekatkan diri kita kepada Tuhan. Saya sendiri bukanlah seseorang yang hidup tanpa dosa. Hidup saya masih dipenuhi dengan dosa-dosa yang mungkin sering menyakiti hati Tuhan. Namun saya mencoba untuk hidup dalam kebenaran sekalipun harus jatuh bangun. Saya percaya seburuk apapun kehidupan kita, Tuhan akan memaafkan segala apa yang telah kita perbuat dan memulihkan hidup kita menjadi baru.

Hidup dalam kebenaran akan membuat suasana hati kita menjadi tenang. Dosa-dosa yang telah kita lakukan akan membuat hati kita menjadi tertuduh dan hidup kita dipenuhi dengan perasaan bersalah. Namun jika kita mendekatkan diri kepada Tuhan, Dia akan menuntun dan mengingatkan kita jika kita melakukan kesalahan lagi. Jadi dengan hidup dalam kebenaran, kita akan memiliki kebahagiaan hati tanpa ada perasaan bersalah sedikitpun.

• Miliki Pengharapan

Setiap manusia tidak mungkin lepas dari masalah. Namun yang memebedakan satu dan yang lain adalah seberapa besar pengharapan yang kita miliki. Pengharapan adalah percaya bahwa kita mampu melewati setiap masalah yang kita hadapi dan yakin bahwa di depan sana Tuhan telah menyediakan sesuatu yang indah. Seberapa besarpun masalah yang kita hadapi, kita harus percaya bahwa Tuhan tidak pernah merencanakan sesuatu yang buruk dalam kehidupan kita. Jika kita berserah kepadaNya, dia pasti akan memberikan jalan keluar yang mungkin belum pernah kita pikirkan sebelumnya.

Sebenarnya saat menulis tulisan ini, saya sedang berada dalam masalah yang cukup berat. Pekerjaan yang saya bangun selama sekitar 2 tahun tiba-tiba habis karena kejahatan orang lain. Saya juga hidup di keluarga yang sangat pas-pasan secara ekonomi. Namun saya tetap memiliki kebahagiaan hati dalam hidup saya. Karena saya yakin bahwa yang saya alami saat ini hanya sementara, dan Tuhan pasti memulihkan kehidupan saya. Oleh karena itu, saya ingin kita sama-sama belajar untuk memiliki pengharapan dalam Tuhan. Dengan demikian kita tidak perlu kuatir akan masa depan kita, karena segala sesuatunya telah Dia rencanakan untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.

Dengan hidup dalam kebenaran dan memiliki pengharapan dalam Tuhan, saya yakin setiap kita pasti akan memiliki kebahagiaan yang sejati, sekalipun kita tidak memiliki apa-apa. Segala macam berkat pasti akan ditambahkan dalam hidup kita asalkan kita terus mencari kebenaran tentang Dia.

Mungkin sebagian orang yang membaca tulisan saya ini tidak memiliki kepercayaan atau agama yang sama dengan saya. Namun di sini saya tidak mempromosikan agama apapun. Saya hanya membagikan apa yang saya alami dan saya rasakan. Kebahagiaan hidup yang saya miliki saat ini semua karena Tuhan Yesus yang sanggup memulihkan kehidupan saya dari yang dulunya tidak memiliki harapan menjadi seseorang yang memiliki kebahagiaan hati sekalipun saya tidak memiliki harta yang melimpah. Oleh karena itu jika saudara ingin memiliki kebahagiaan yang sejati, ijinkan Tuhan Yesus masuk ke dalam hatimu dan biarkan Dia tinggal di situ selamanya, maka kebahagiaan itu akan senantiasa melingkupi An

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by roganda | Sponsored by Pusat informasi layanan - Beranda | blogger